Rabu, 11 Desember 2013

Awal terbentuknya Nidji

nidji
Arti Kata Nidji
NIDJI merupakan penyempurnaan nama dari kata Niji yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti Pelangi. Para personil telah menyukai dan menyetujui konsep dengan nama itu, karena kata NIDJI sangat merefleksikan warna musik mereka yang beragam serta berbeda satu sama lain, namun bisa membiaskannya dalam satu warna musik.
Konsep Musik Nidji
Konsep musik NIDJI adalah modern rock yang memadukan unsur-unsur lain, seperti progresif, funk, alternatif, dan pop. Grup-grup band yang secara tidak langsung mempengaruhi dan menjadi inspirasi terhadap corak musik NIDJI, antara lain L'Arc-en-ciel, Coldplay, Goo Goo Dolls, U2, Radiohead, Smashing Pumpkins, The Verve, Dave Matthews, The Killers, Keane, dll.
Sejarah Awal Nidji
Sejarah awal terbentuknya band NIDJI yaitu dari persahabatan antara Rama dan Andro. Persahabatan mereka berkembang terus dalam dunia musik. Selanjutnya bersama Ariel yang telah bergabung dengan mereka, terciptalah sebuah lagu berjudul "Maria". Namun lagu itu belumlah sempurna dan masih membutuhkan sentuhan vokal. Kemudian mereka bertemu dengan Giring yang selanjutnya dapat melengkapi lagu Maria dengan mengisi vokal pada lagu tersebut.
Setelah itu, Andro merekomendasikan Adri yang sebelumnya telah sering melakukan jam session bersamanya untuk menempati posisi sebagai drummer. Mereka berempat ( Ariel, Andro, Adri dan Giring )lalu menghubungi Rama yang sempat terpisah sebelum terciptanya lagu Maria untuk mencoba bermain musik bersama hingga akhirnya menemukan kecocokan visi dan misi. Pada awal Februari tahun 2002, terbentuklah NIDJI dalam formasi awal. Lalu pada awal April tahun 2005, NIDJI menambah personilnya menjadi 6, yaitu seorang keyboardist bernama Randy yang merupakan sahabat dari Giring, sang vocalist.
Album Breakthru
 Album ini adalah Album perdhana bagi NIDJI sekaligus Album pembuktian bagi NIDJI kepada masyarakat luas adalah NIDJI sebuah band yang berkualitas dan patut untuk menjadi idola masyarakat Indonesia terutama para remaja Indonesia. Pada Album ini terdapat campuran lagu yang berlirik bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Lagu NIDJI yang berlirik bahasa inggris antara lain : breakthru', Child, Disco Lazy Time, dan Heaven. Sedangkan lagu NIDJI yang berlirik bahasa Indonesia antara lain : Bila Aku Jatuh Cinta, Engkau, Hapus Aku, Kau dan Aku, Manusia Sempurna, dan Sudah.


Album Breakthru (English Version)
 Album ini adalah Album NIDJI yang di pasarkan di luar negri. Setelah launching itu banyak NIDJI HOLIC Indonesia yang mendengar perihal itu. Dan atas permintaan NIDJI HOLIC Indonesia, NIDJI menedarkan Album yang semua liriknya menggunakan bahasa Inggris ini di Indonesia. Lagu-lagunya adalah Adam and Eve, Angel, Belive, Breakthru, Child, Disco lazy time, Don't Stop, Hard to feel,, Heaven, Lights of love dan bonus track Heaven (remix).
Nidji Holic
NIDJI HOLIC adalah sebutan bagi fans-fans NIDJI. NIDJI terkenal sangat dekat dengan para fans nya. NIDJI sering melibatkan NIDJI HOLIC dalam berbagai acara, siapapun boleh terdaftar jadi NIDJI HOLIC. NIDJI HOLIC juga dapat mengetahui jadwal tentang NIDJI sepenuhnya. Untuk keterangan lebih lanjut klik http://www.nidjiholic.com/
Basecamp Nidji
Basecamp adalah salah satu tempat berkumpulnya NIDJI dan NIDJI HOLIC. NIDJI sangat sering berkumpul disana. Sebelum atau sesudah konser, para personel NIDJI suka 'mampir' ke basecamp. Basecamp ini terletak di jalan Perdatam No 2. Bagi yang mau, dateng aja!! Kalian bakal bisa kenalan sama NIDJI dan NIDJI HOLIC!!
Disini juga kalian dapat membeli kaos, pin, bandana, dan poster NIDJI. Disana ada penjaga BC (basecamp) yang setia nunggu kedatangan kamu. Kamu dapat membeli marchendise NIDJI ke mereka. Okey!! Ditunggu ya!!
Album Top Up


Album kedua NIDJI dengan judul TOP UP berarti harapan harapan dari NIDJI untuk lebih UP. Simbolnyapun selaras dengan judul album mereka. Pada album ini NIDJI lebih 'jujur' karen lirik-lirik lagu ini benar-benar berasal dari pengalaman pribadi para personelnya. Keistimewaan album ini adalah berisi 12 lagu. Album ini juga terdapat lirik bahasa indonesia dan Inggris. 3 lagu berlirik inggris 9 lagu berlirik indonesia. Lagu NIDJI yang berlirik Indonesia antara lain ; Penantian, Biarlah, Jangan Lupakan, Cinta takkan Pernah sama, Airin, Pulang, Kau yang terindah, dan Arti sahabat. Sedangkan Lirik yang berbahasa Indonesia antara lain : Shadow, Never to late, dan Lovers.
Album Lets Play
Album NIDJI dengan judul Let's Play adalah album studio ketiga karya Nidji. Album ini dirilis pada tahun 2009 melalui Musica Studios. Singel yang dirilis dari album ini antara lain "Sang Mantan", "Ku Takkan Bisa", dan "Dosakah Aku". 
 







Album Liberty
 Setelah merilis album Let's Play dan merilis beberapa lagu untuk film, pada akhir tahun 2010 Nidji mendapat tawaran dari Musica Studio's untuk merekam 5 lagu yang akan dirilis di Australia melalui label rekaman digital ValleyArm. Sementara itu Nidji memiliki beberapa materi untuk album keempat yang belum direkam. Hingga akhirnya Nidji memutuskan untuk merekam album ganda. Untuk menghindari pembajakan, Nidji mencetuskan ide untuk merilis album ganda ini secara terpisah, tidak sekaligus. Konsep peluncuran album seperti ini mengikuti cara yang dilakukan oleh Radiohead pada album Kid A dan Amnesiac.
Nidji melepas singel berjudul Indahnya Cinta pada April 2011.[2] Lagu ini hanya didapuk sebagai singel terpisah, sebagai jembatan menuju album terbaru Nidji. Lagu ini pun masuk ke dalam salah satu materi album Liberty. Album Liberty dirilis pada 19 Oktober 2011 dengan singel resmi mereka Jangan Takut. Album Liberty sendiri merupakan album pertama Nidji yang tidak memuat satupun lagu yang menggunakan bahasa Inggris secara utuh. Hanya pada beberapa lagu yang menggunakan bahasa Inggris di beberapa baris, seperti lagu Save Me yang menjadi singel kedua mereka, Jangan Takut, Bosan dan Saturday Night. Nidji melepas singel ketiga berjudul Lagu Cinta pada awal Juli 2012, berdekatan dengan rilis album ganda Liberty Victory.

Album LIBERTY VICTORY


Album Victory merupakan album kedua Nidji dalam bahasa Inggris, setelah versi rilis ulang dari Breakthru'. Album ini memuat 5 lagu dengan 3 diantaranya dibuat dalam versi remix. Album ini direkam di Australia dan diproduseri oleh Steve James, yang pernah membantu memproduseri album milik Sex Pistols. Adapun versi remix dari beberapa lagu di album ini diproduseri oleh Run D. Single pertama pada album ini adalah Hold Up, sementara Liberty & Victory didaulat sebagai theme song untuk tim sepakbola Manchester United F.C. oleh Mister Potato, yang juga merupakan salah sponsor dari Manchester United.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar